Tuesday 28 March 2017

The Lasagna Story

Hi hi, saya lagi nih dengan tulisan iseng saya hehe.

Kali ini saya ingin cerita tentang masakan yg baru saya berhasil kuasai plus filosofis di baliknya. Namanya... LASAGNA. Iyaaa itu makanan Itali yg bisa dengan mudah dipesan di restoran Itali cepat saji. Tapi kali ini, saya ingin bikin sendiri hehe.

Awalnya karena RC membelikan saya oven. Apartmen yg say tinggali di lantai 15 ini tidak punya oven sehinga kalau mau nge baking harus turun ke lantai 1 dan itu pun harus rebutan dengan anak-anak lain. Repot, ribet and you know me, saya tidak suka keramaian.

Tapi karena nge baking juga bukan makanann wajib orang Indonesia ya saya santai santai saja. Namun ya tetap penasaran gimana sih rasanya nge baking hehe.



Dan the lasagna story ini jadi bagian dari my life celebration dalam mengatasi kesulitan hidup. Setelah tahun lalu saya didera depresi, lalu kuliah PhD saya yg akhirnya harus kolaps, maka tahun ini saya bersyukur ada banyak rejeki ada banyak hal baik yg terjadi justru setelah saya keluar dari sains.

Salah satunya adalah saya dibelikan oven oleh RC. Siapa yg tdk senang coba, dapurnya dihiasi dengan macam macam pernak pernik. Padahal dulu dapur saya tu jelek banget, kadang ada tikus ngintip plus alat-alatnya, jangankan oven kompor aja cuma kompor minyak hehe.

Dan sekarang yay, saya punya dapur plus OVEN! Plus APRON! Plus disubsidi suruh masak yg saya mau. Siapa yg gak happy coba?Dan memiliki skill baru dalam hidup itu pasti menyenangkan dan itu yg saya rencanakan dengan oven baru saya. I am lucky saya itu diberkahi Allah dengan sifat yg mudah bahagia meski tak punya banyak jadi punay oven saja sudah bikin saya bersyukur luar biasa hehehe. Yg iri terus bilang cuma gitu aja pamer, silahkan minggir ya. I have my own way to celebrate my life :-).
                                                           
And, kemarin saat saya off tak punya proposal yg digarap dan juga lagi libur kerja, saya memilih memasak lasagna.

Bahannya:
- Lasagna sheet, kalau disini bisa pilih yg harus direbus dulu atau yg bisa langsung pakai, saya pilih yg langsung bisa dimasak.
- Daging sapi cincang
- Bawang putih, bawang bombay
- Paprika, bisa juga diganti dengan terong kalau suka.
- Parsley
- Oregano bubuk
- Mozarella dan parmesan cheese.
- Saos lasagna botol kalau mau bisa buat sendiri dari saos tomat.

Caranya:
- Pre heat dulu oven di suhu 180 selama 30 menit
- Sambil nge pre heat, tumis daging sapi cincang dengan bawang bombay plus bawang putih. Taburi garam, merica, oregano secukupnya.
- Susun lapisan lasagna. Untuk saya kemarin:
Lapis 1: saos tomat
Lapis 2 daging cincang
Lapis 3: paprika dengan parsley.
- Ulangi lagi dengan lapis 1, lapis 2 hingga lapis 3.
- Bagian atas taburi dengan mozarella dengan parmesan hingga ketutup semua
-Tutup dengan aluminium foil lalu panggang hingga 30 menit
- Keluarkan buka alumunium foil nya lalu panggang lagi hingga 10 menit.

Jadi deh! Tunggu 10 menit yaa kalau nggak pas dipotong bisa gak teratur bentuknya.


Now filosofisnya:
Life itu seperti lasagna. Harus berlapis lapis dan beraneka rasa. Harus ada rasa asin dari air mata dan keringat. Harus ada rasa manis dari cinta. Harus ada rasa asem saat diibulin atau dimanfaatkan. So kalau sdh jadi satu seperti lasagna bisa bikin semuanya jadi terasa enak karena gabungan dari berbagai macam rasa. Hehehe, gak jelas ini ya.

Oya saya juga buat garlic bread kemarin, mudah aja mah kalau ini. Cuma roti bagel panjang itu dipotong potong terus diolesi butter yg dicairkan bersama parsley dan garlic bubuk plus oregano.



Panggang 5 menit hingga coklat di suhu 180, lalu keluarkan taburi mozarella lalu panggang lagi sampai kejunya meleleh. Udah, gitu doang.

Selamat mencoba yaaa.

Happy baking!

Auckland, 29 Maret 2017.

-NK-

No comments:

Post a Comment