Monday 8 May 2023

Perjalanan anak Samarinda beli caravan di New Zealand

Hi ya! Ketemu saya lagi di blog ini. Bagi yg belum kenal saya sebelumnya, perkenalkan nama saya Nurul Kasyfita, anak Samarinda, yg iseng merantau ke New Zealand. Awalnya buat S3, eh ternyata keterusan sampai nikah, naik haji, nikah lagi dan akhirnya ke story yg ini, beli caravan di New Zealand. Yg jelas saya pikir milestone yg ini amazing banget so harus saya capture di blog saya. 

Yang jelas saya ini merantau ke NZ bukan karena kekayaan orang tua saya atau karena saya menikahi bule kaya, no, nggak sama sekali. Suami bule saya yg pertama malah kena kanker hingga pernikahan kami pecah tahun lalu dan saya yg men support beliau selama perawatan pasca operasi. Now saya sudah menikah lagi dengan Tim, dan dia juga bukan orang kaya. But Tim punya rumah di Hamilton dengan halaman yang luas, so mimpi saya punya caravan akhirnya bisa terwujud sooner than I thought. 

Sudah lama saya bermimpi ingin hidup di caravan. Awalnya saat COVID tahun 2020, saya book campervan. Maui nama campervan nya. Saat itu gegara COVID, harga sewa campervan murah sekali. Bayangin kita book selama 7 hari cuma bayar $300 aja alias 3 juta. Campervan Maui 4 berth-yg kecil aja. Biasanya campervan yg ini harga sewa nya hingga 15 juta tapi gegara COVID, kit adapat harga deal yg murah banget. Masya Allah rejeki kita gegara COVID. Saat itu saya suka sekali liburan dengan campervan. Rasanya luar biasa kita bisa parkir di tepi danau, sungai atau di puncak gunung, terus makan aja gitu. Serasa punya rumah berjalan. Liat aja nih salah satu view kita di Wanaka. Bagus banget, masya Allah. 

 

Nah dari pengalaman pertama ini saya ketagihan liburan ber campervan. Apalagi saat itu Najwa masih belum berkumpul dg saya, akhirnya saya book campervan lagi saat Najwa bergabung bersama kami di tahun 2021. Saat itu kita sudah book campervan buat Agustus 2021. Eh qadarullah kita kena lockdown lagi dan nggak bisa pergi. Akhirnya booking kita pindah ke tahun berikutnya yaitu Agustus 2022. Qadarullah di tahun 2022 ini justru saya dan suami malah Ditakdirkan Allah berpisah, ya akhirnya saya aja yg berangkat dengan Najwa. 

Perbedaan harga sewa campervan saat 2020 dan 2022 ternyata berbeda banget. Pas saya bayar booking an saya tahun 2022 harga sewa campervan sudha mencapai 30 juta harganya padahal cuma 7 hari aja sama kayak tahun 2020. Tapi demi anak saya bayar semua biaya liburan saya. 

Setelah liburan tahun 2022 itu perasaan saya untuk punya campervan atau caravan terasa menggebu sekali. Tapi saya sadar, saya belum punya uang buat beli tanah untuk parkir campervan atau caravan saya. Tapi memang karena harga rumah yg luar biasa tinggi di NZ, saya lebih memilih hidup di caravan saja. Yg terjangkau oleh kantong saya, yg nggak perlu pakai kredit yg bikin pusing kepala. 

Berkat takdir Allah pula saya bertemu suami saya yg sekarang. Timothy namanya. Kami ketemu di Tinder, kenalan, lalu Timothy langsung mengajak saya menikah minggu depannya. Busyet dah, luar biasa banget menurut saya, ada laki laki langsung ngajak nikah begitu. Tapi itulah kalau sudah takdir Allah SWT datang, mudah saja proses nya. 

Setelah ketemu Timothy, saya dibawa ke rumahnya di Hamilton. Nah rumah nya ini ada halaman yg luas banget dan asri. Dan saya pun bilang ke Tim kalau saya punya cita cita ingin tinggal di caravan saja. Eh si Timothy ternyata suka banget dengan ide itu dan bilang dia mau tinggal dg saya di caravan. 

Rencana kita agak tertunda sedikit karena tiba tiba di bulan Maret saya hamil. Mulailah kita fokus ke kandungan saya. Qadarullah saya justru keguguran dan akhirnya kita balik lagi ke rencana awal nyari caravan. Awalnya saya ingin campervan, tapi akhirnya sadar, campervan itu sumpek karena bed nya biasa di atas kursi supir dekat atap. Ada juga bed yg open di bawah tapi biasanya itu set up dari lounge. So, saya memutuskan buat beli caravan karena di caravan itu tempat tidurnya fixed, nggak harus buka tutup dari kursi gitu. Dan mulailah saya berburu caravan.Inilah beberapa tips dan trik yg saya pakai dalam mencari caravan di NZ. 

1. Layout. 

Pikirkan betul betul layout seperti apa yg kita inginkan. Sebentar saja ber gerilya mencari caravan, say atahu caravan itu ada yg bed nya side bed ada yg end bed. Ada yg French bed ada yg Island bed. Ada juga yg central toilet ada juga yg tolet nya di belakang. So itu harus kita pikirkan benar benar dulu karena kalau layout nya nggak sesuai dengan kita, ngapain dibeli. Contoh nih, saya kemarin viewing caravan yg tahun 2019-asking price $55k. Tapi layout nya end bed, central toilet. Nggak suka say liat bed menghadap dinding gitu, so saya tawar hesitant aja-$50k. Ditolak dong, tapi ya nggak apa, karena memang bukan yg saya suka. 

2. Tahun keluaran. 

Make sure kita beli caravan yg masih "muda". Life span caravan itu 7 tahun lamanya. So kalau masih mau pakai caravan hingga 10 tahun lamanya, ya pilih yg minimal 2019 tahunnya. Tapi selain tahun, perhatikan juga caravan nya pemakaiannya gimana. Ada caravan yg tahun agak tua tapi yg pakai apik, terawat lah caravan nya. Ada yg tahunnya muda, 2019, tapi dipakai keliling NZ yo wis habis gundul ban nya. Intinya terus cek segala galanya ya. 

3. Dealer or private seller 

Kalau mau caravan di NZ sini asal ada uangnya mudah saja. Banyak dealer caravan yg menjual caravan secodn dan baru semua ada. Ada juga private seller-para penjual caravan pemakaian pribadi. Nah ini ada plus minusnya. Kalau kita beli di dealer, semua registrasi bakal diperbarui plus ada garansi dari dealer. Tapi kekurangannya kita nggak tahu seberapa parah pemakaian caravan sebelum kita karena dealer pintar menyembunyikan cacat caravan. Udah gitu sama delaer pasti harga caravan melambung tinggi. Nggak bisa nawar sebanyak di private dealer. Kalau sama private dealer juga untung untungan. Kalau mereka suka dg kita pasti mau dikasih harga miring. Dan kalau makainya rapi wah sama seperti baru itu caravan, mulus pokoknya. 

4. Pertimbangkan biaya maintaining caravan. 

Beli caravan di NZ tentunya buat yg stay permanently di NZ ya, nggak yg buat turis. Kalau yg turis ya mending nyewa aja. Karena biaya mantainaing caravan itu lumayan. Ada NZMCA membership-semacam klub orang orang yg punya caravan gitu. Ini membership fee nya $90 a year plus one off fee $150. So minimal harus siap $240. Belum insurance, harganya sekitar $900 per tahun. Terus ada annual service fee juga-sekitar $400 belum kalau ada yg harus diganti. So punya caravan itu nggak murah juga harganya. Seperti halnya kendaraan pasti ada biaya perawatan nya yg harus kita perhitungkan. Karena itu kalau cuma dipakai sesekali saja mending pikir pikir lagi mau beli caravan ya. 

Yg jelas buat saya ini adalah pencapaian luar biasa karena saya datang ke negara ini uang sisa $100 saja. Alhamdulillah 7 tahun bekerja disini saya tidak hanya bisa membiayai anak juga bisa membeli caravan juga-sesuatu yang tidak pernah saya sangka sebelumnya. 

Ia lah Allah yg Maha Kaya. Dimampukan-Nya siapapun itu yang sudah dalam kehendak-Nya. 


No comments:

Post a Comment