Monday 20 January 2014

Kuala Lumpur, an idiot traveller guide!

Hey hey!

Saya baru habis liburan dari Kuala Lumpur dan Indonesia nih! Asyik juga setelah berkutat dengan ujian yg menyesakkan dada di bukan Desember dan awal Januari lalu (ciee lebay deh yaaa), akhirnya saya me reward diri sendiri dengan jalan jalan dan mengunjungi negara saya tercinta, Indonesia.

Seperti yg saya bilang, self reward itu perlu, saudara saudara. Tak perlu mahal dan lux, asal itu cukup membuat Anda bahagia, itu lebih dari cukup. Dan untuk saya saat ini, reward saya adalah jalan jalan, makan, menikmati Kuala Lumpur sebagai kota persinggahan saya.

Seorang kawan pernah menyarankan untuk menulis catatan perjalanan setelah membaca beberapa postingan notes saya di fb. Mengikuti saran beliau, disini saya coba membagi beberapa hal yg saya ketahui tentang sightseeing di Kuala Lumpur. Tdk banyak yg saya ketahui, sehingga tulisan ini saya sebut sebagai an idiot traveller guide. Dan seperti yang Anda ketahui, saya a solo traveller dan a woman pula, so bagi yg ingin jalan jalan sendirian, mgkin hal ini bisa bermanfaat! Apa yg hrs disiapkan, apa yg hrs diwaspadai, apa saja yg bisa dilakukan as a woman travelling solo. Jika ini bisa bermanfaat utk saya yg solo, maka tentu ini more applicable untuk Anda yg bepergian dg beberapa org. So, happy reading!

One, tiket.
Saya pelanggan airasia. Perusahaan penerbangan yg menganut slogan NOW EVERYONE CAN FLY. Hehehe. Maklum, turis modal dengkul. Air asia termasuk maskapai yg mumpuni menurut saya. Tiket balikpapan kuala lumpur pp itu berkisar 1.500.000 rupiah maksimal. Jika Anda book early seperti saya, ya dpatlah harga 500.000 kadang kadang. Itu pun saya book dengan agent, tdk pakai credit card. Jika Anda memiliki credit card, tentu hal ini bisa lebih dipangkas lagi.
Tips: jika tak mau rugi, lebih baik membeli bagasi 15 kg saat Anda pulang ke balikpapan. Pemeriksaan di airasia balikpapan tdk seketat di Kuala Lumpur, so meskipun bagasi Anda lebih, mereka jarang nge charge. Namun di Kuala Lumpur akan ada timbangan yg mencek bagasi Anda benar benar 7 kg atau tidak. Mereka mengambil 100 ringgit beberapa kali dari dompet saya due to this, hik hik...

Two, hotel
Sebagai non credit card guest, biasanya agak diremehkan di luar negeri. Dengan munculnya website seperti agoda atau booking dot com, maka tamu seperti saya ini sangat bisa diremehkan dan tidak dilayani. Kuala Lumpur dibanjiri turis lokal dan mancanegara, so mendapatkan kamar hotel dengan walk in method, alias bayar di tempat, itu agak sulit. Anda harus menunjukkan booking confirmation yg biasanya dikirim via email. Dan ini pun akan didapat jika pembayaran sdh lunas, ya dengan credit card itu laaah. Maka tamu yg walk in seperti saya biasanya diremehkan bahkan sering tdk mendapat kamar hik hik.
Ajaibnya, saya kenal setidaknya dua manager hotel yg dengan email saja dg senang hati mengirimkan booking confirmation ke email saya. Alhasil, meskipun tidak memiliki credit card, sebelum saya tiba, kamar hotel saya selalu tersedia di Kuala Lumpur. Itu pun meskipun check in time di KL adalah jam 2 siang, saya selalu bisa mendapatkan kamar hotel bahkan sejak pagi. Saya benar benar menghargai persahabatan yg saya jalin dengan beliau. Berkat beliau, alhamdulillah, perjalanan saya ke KL selalu aman dan menyenangkan.
Karena saya hanya memesan single bed, ratenya saat ini 85 ringgit inclusive tax. Jika Anda bepergian dengan org lain, maka harga ini bisa turun hingga 60 ringgit dengan metode share kamar. Dengan uang seharga itu saya sdh dapat lcd tv flat, coffee maker, hot and cold shower, ac room. Harga ini tidak termasuk breakfast. Selain itu, hindari menginap pas weekend. Saat weekend, kamar hotel di KL menambah rate sebesar 10 ringgit. Namun, untuk saya sih, harga flat hehehe, kan teman manager hotel :-)
Tips: di KL harga kamar yg window dan non window berbeda 10 ringgit. Saran saya, pesanlah kamar non window, kadang krn tdk tersedianya kamar yg non window krn sdh diambil oleh tamu yg datang lebih dulu, saya bisa dpt kamar yg window namun tetap bayar dengan harga non window, hehe, untung kan? ;-)

Three, food
Makanan di KL sangat enak menurut saya. Selain kehalalan terjamin, makanannya juga mix antara indonesia, india dan malaysia. So semua taste yg saya rindukan saya dapatkan disini. Saya msih bisa makan gado gado, butter naan, chicken kabab, nasi lemak, sotong asam manis, pokoknya KL adalah tempat saya melepas rindu pada ketiga negara. Indonesia, Malaysia dan India! Saya bahkan sdh berpikir untuk mengunjungi KL minimal setahun sekali utk melepas rindu pada makanan India seusai beasiswa saya nanti.
Untuk harga makanan, tak perlu khawatir. Banyak kios dan restoran dengan harga murah di sekitar hotel langganan saya. Parotta diharga 1ringgit, nasi putih dengan telur ceplok 2 ringgit, bahkan nasi biriyani bisa didapat srharga 6 ringgit. Untuk Anda yg tak bisa hidup tanpa produk amrik, KFC dan Mc Donald pun bisa didapat dengan 6 ringgit. Tapiii ya nunggu jam diskon hehehe. Kalau Anda tahan lapar McD dan KFC memberikan diskon burger dan ayam dari jam 12 -3 dan jam 6-9 malam. Jam ini yg biasa saya tunggu utk bisa makan McD dgn separuh harga :-).
Anda juga bisa membeli berbagai roti atau biskuit di 7-11 atau supermarket lokal. Bandingkan saja harganya. Kadang banyak supermarket yg menjual dg harga sedikit mahal.
Tips: jangan buang struk belanja Anda. Record it dan browse tempat lain bandingkan harganya. Saya baru saja menemukan 7-11 mengambil beberapa sen lebih banyak dri supermarket lokal. So, bye bye laah, tentunya smart buyer seperti saya akan memilih the best place to spend my money!

Four, sightseeing
Well, KL is amazing. Tdk se popular singapore laaah, tpi cukup utk merasakan atmosfer luar negeri. Banyak gedung bertingkat, monorail, metro train, bule bule berseliweran, mall bertingkat tingkat, twin tower, item shoping yg oke punya. Untuk sightseeing di KL Anda bisa membayar 60 ringgit utk tour seharian, Anda akan dibawa keliling ke twin tower, museum coklat, pasar seni, chinatown, batu caves, banyak laah. Tpi utk turis solo seperti saya ini, saya memilih berjalan sendiri. Selain tdk perlu menunggu, saya juga bisa memilih tempat mana yg saya kunjungi. Biasanya saya mengunjungi chinatown untuk parfum kelas dunia keluaran china hehe, lalu ke twin tower untuk foto di menara kembar dan liat air mancur menari, terus ke little india atau masjid jamek yg terkenal itu. Kdg saat iseng saya juga bisa singgah ke masjid india dekat twin tower. Pokoknya lakukan apa saja yg membuat diri kita bahagia dan enjoy the trip!
Untuk Anda yg suka nonton, Anda bisa nonton seharga 12 ringgit after 6 pm show, atau 10 ringgit utk morning show, dan bahkan hanya 7 ringgit sahaje pada hari Rabu. Hehe, gak ngerti kenapa, di KL harga nonton termurah itu justru hari rabu bukan senin seperti di Indonesia.
Tips: manfaatkan pasport untuk mendapatkan privilege card di KLCC (the mall inside twin tower). Yah Anda bisa dapat diskon beberapa item sbg foreigner yg mengunjungi KLCC....
Hati hati saat memberikan kamera utk difotokan dg org lain, carilah turis eropa dan wanita yg mungkin lebih kaya dari kita yg asia ini hehehe. Ada banyak turis yg kameranya digondol lari saat minta difoto lho, hati hati! Better be aware than regret later on ;-)

Five, transport, safe, convinient!
Ada banyak pilihan transport di KL. Saya biasa menggunakan bis 1 ringgit an ke chinatown, monorail 1.6 ringgit utk ke imbi mall utk liat liat gadget, atau LRT 1.6 ringgit ke twin tower. Selama saya di KL, tidak pernah sekalipun saya menggunakan taksi di KL yg terkenal suka cheat dengan penumpang.
Untuk bertransportasi aman, letakkan ransel di hadapan Anda krn terkadang lrt penuh atau Anda harus berdiri berdesakan. Berdirilah bergerombol dg wanita terutama ibu ibu. Gunakan bahasa melayu lokal, shg Anda tdk dikira foreigner. Meskipun untuk saya sih biasanya ketahuan hehehe.
Untuk bis, saat pulang dri chinatown biasanya kondektur agak nakal dengan meminta tarif lebih. Jika Anda rasa berbahaya utk melawan, lebih baik diam saja jika hanya berbeda 2-3 ringgit. Saya pernah nih dimintai 3 ringgit pdhl biasanya hanya 1 ringgit. Karena saya lihat kondektur itu bukan lawan saya, maka saya memilih diam. Ada saatnya singa harus berdiam diri dan membiarkan lawannya menang. Hehehe.
Selain itu, berhati hati di chinatown. Jgn pernah mengaku anda dtg ke KL sendirian. Ada banyak lelaki iseng yg mencoba mendapatkan kencan semalam dg Anda. Saya sdh sangat aware dg hal ini. Well, it is a wild world out there, baby! Lebih baik mengaku Anda in group atau dengan teman. Tolak dengan sopan, tdk perlu marah marah, tpi juga tak perlu terlalu ramah. Katakan Anda sdh makan jika diajak makan, dan kadangkala mengaku Anda sdh menikah itu cukup melindungi Anda. Saya pernah lho, terpaksa merepotkan seorang bule asal Irlandia di chinatown krn ada seorang penjual yg membuntuti saya utk membuktikan bahwa saya sendirian. Haha, lucu sekali saat si bule kaget saya panggil sweetheart all the sudden! Untunglah ia segera mengerti sandiwara saya dan rela berjalan di sebelah saya hingga saya mencapai bis. Namun harus berhati hati juga memilih teman bersandiwara lho. Jgn sampai lepas dri mulut harimau eh malah diterkam buaya hehehe. Carilah turis yg sendirian, tdk sedang menggandeng istri atau pacarnya. Dan yg terlihat jinak lah hehehe...Untungnya radar "good man bad man" versi saya selalu bekerja effectively!
Tips: pintar pintar menawar di chinatown utk harga terbaik, dan siapkan uang pas utk di bis krn uang lebih biasanya tdk dikembalikan!

Six, shop till u drop!
Kl tidak semahal singapore laah. Ringgit msh di kisaran 3700 rupiah. Namun disini banyak item yg tdk ada di balikpapan atau samarinda. Saya kurang tahu di kota besar lain yaaa. Yg jelas langganan saya disini adalah gantugan kunci, magnet kulkas, parfum, asesori seperti kalung dan jam tangan. Itulah favorit saya. Untuk gantungn Anda bisa dpt seharga 5 ringgit sdh dpt 6. Magnet kulkas 5 ringgit dapat tiga, baju KL seharga 6 ringgit per piece, dan jam tangan yg rata rata 10 ringgit an. Dompet tiruan hermes paris pun bisa didapat dg 10 ringgit sahaja, hehe.
So, bawa 100 ringgit Anda sudah puas belanja disini. Bandingkan saja dg singapur yg masya Allah mahalnya. Hehe, pokoknya asyik deh belanja di KL!

Well, thats all for now, folks! Jangan takut bepergian seorang diri. Selama Anda tetap sopan, menutup aurat, berdoa, insya Allah, Ia akan selalu menemani kita dimanapun.

Happy travelling everyone! Because this life happens only once, we should celebrate it each and everyday before the expired day comes!

On earth, 21 Januari 2014

No comments:

Post a Comment