Saturday 4 January 2014

Only in India!

Happy sunday, morning there!

Mumpung hari minggu niih, saya duduk dekat jendela favorit saya, yaah pingin nulis deh. Hehe, buat Anda yg msh berkenan mampir, thank u very much yoo. India masih pagi disini, baru jam 8. Mungkin penghuni bumi msh ada yg baru bangun. Saya mah dah bangun dari jam empat tadi. Bersihin motor, nyapu plus ngepel rumah, nyuci, jemuran, bikin sarapan en sekarang nih, kumat pingin nulis!

Kali ini saya ingin menulis hal unik yg saya temui di India, makanya tak tulis only in India! Selain itu, demi menjaga perasaan yg punya bangsa nih krn fb saya juga connect dg banyak teman indian disini, so lebih baik saya tulis dalam bahasa kita, bahasa indonesia, selain juga lebih mudah dipahami untuk para mahasiswa saya di tanah air sana. Itung itung biar gak kaget pas ke India hehehe.

Ok, here are some unique things i found in India (so far):
One, british style. Yaa seperti yg kita ketahui, India dulunya koloni british, jdi british style nya terasa bgt. Ya agak kurang tepat sih kalau ini dikategorikan only in India, krn mungkin saja budaya british ini banyak juga ditemui di negara jajahan inggris lainnya. Yg saya temui contohnya adalah:
A. Berdiri saat professor masuk kelas. Hehe, itu tak kan pernah terjadi di setiap kelas yg saya ajar. Bahkan kdg saya dikira pegawai TU kok hehehe. Tidak hanya itu, kdg saat perempuan melintas juga si pria disini berdiri hehe. Jadi tersanjung. Saya sering merasakan itu di kelas saat saya melintas hendak lewat, para teman lelaki Indian pasti berdiri sebagai penghormatan pada wanita, persis kan seperti film film british yg sering kita tonton?
B. Panggilan Sir dan Madam. Ini terasa sdh seperti di setting film Harry Potter. Buat saya yg bahasa inggrisnya banyak dipengaruhi american style, memanggil sir dan madam itu sepertinya kaku banget. Pun budaya mereka yg tdk terbiasa luwes, make joke, seperti halnya american yg nyantai. Ini kdg agak mengganggu buat saya, of course because i am not that rigid! But anyway, i should get adjusted somehow, shouldnt I? Jadi terbiasalah saya dg panggilan madam dan sir itu. Dan terbiasa juga dipanggil madam in some events.
C. Colour, organisation, british spelling, british grammar! Yup, disini pas saya menulis COLOR, as per american english, jawaban saya dilingkarin oleh professor dan dianggap mispelled. Padahal kalau di american english, warna ya color. Ok lah, akhirnya saya adapted juga, skrg lebih banyak memperhatikan perbedaan soal american dan british. Selain itu pertanyaan ada uang gak? Itu disini tdk ditanyakan dg DO U HAVE MONEY? Tapi ditanyakan HAVE U GOT MONEY? Benar benar british!
D. Tea time! Duluuuuu, waktu saya masih kecil, senang banget baca buku cerita karangan Enid Blyton. Saya tumbuh besar dengan tulisannya yg banyak diwarnai dengan budaya british. Jadi tahu kalau jam empat sore itu waktunya minum teh. Nah, disini juga itu terasa banget. Kalau Anda berkunjung sekitar jam empat ke kantor atau instansi pemerintah, Anda akan ditawari kopi atau teh. Saya pernah beberapa kali menerima tawaran ini. Satu kali di travel agent tempat saya membeli tiket, satu kali di kantor polisi saat saya mengurus perpanjangan visa, dan satu kali di Bank. Tersaaaa banget british stylenya...

Two, xerox. Musti bingung apaan tuh xerox? Kayak merek mesin fotokopi. Yup yup, emang xerox tu artinya fotokopi kalau di Karnataka, saya kurang tahu kalau di state lain. Karena saya pernah ke Kerala, disana mereka menyebut fotokopi ya fotocopy! Awal saya datang kesini, ampuun saya bingung, apaan ya tu xerox. Lama lama akhirnya tahu juga ooh fotokopi toh. Mgkin karena kalau nyebut fotocopy terlalu panjang, akhirnya mah dibuat simple dg nyebut xerox. Gimana yaa kalau mesin fotocopynya mah bukan xerox yaaa? Hehehehe...

Three, hotel food. Waktu saya belum ke India, ada teman chatting yg indian dan selalu menyebut ia selalu makan di hotel. Alamak, saya pikir, ni orang kaya banget ya tiap hari makan di hotel hehehe. Ternyata saudara saudara, hotel itu artinya kios atau warung makan kadang juga disamakan dengan restoran. Hahaha, saya yg jadi ketawa terpingkal pingkal awal saya tiba disini. Pantesan mah tiap hari makan di hotel, lha wong hotelnya bukan hotel yg buat bobo dg segala fasilitas mewah itu. Hehehe lucuu. Lantas hotel yg buat bobo disebut apa dong? Ya hotel juga. Jadi kadang harus dikonfirm ini hotel buat bobo apa hotel buat makan hehehe...

Four, sapi. Yes, yes, saudara saudara, sapi! Di India sapi adalah binatang yg disucikan. Jadi ya harus terbiasa dengan sapi yg berkeliaran dengan bebasnya disini. Pernah suatu saat saya naik motor terpaksa harus ngerem mendadak karena ada sapi yg tiba tiba memutuskan ia pingin berbaring seksi santai kaya di pantai di tengah jalan raya mysore. Hahaha. Saya sih ketawa sampai keluar air mata saat itu. Dimana lagi coba, ada kota yg bukan village lho, tapi ada sapi yg berpose menantang di tengah jalan raya? Terus kita yg pengendara motor atau mobil yg harus mengalah hehehe lucuuu banget. Ya biarpun nabrak kan tetap motor saya yg ringsek, lha sapinya gede kok. Di India juga harus terbiasa dengan sapi yg buang kotoran dimana mana. Ya meskipun yg saya kagumi, setelah sapi itu lewat ada saja penduduk yg membersihkan kotorannya sehingga jika Anda pikir jalanan di mysore penuh dengan kotoran sapi, itu salah besar. Banyak penduduk yg membersihkan kotoran sapi setelah si sapi lewat. So, tetap bersih deh!

Five, break during movies. Hehe, ini juga lucu. Pas saya nonton di bioskop biasanya ada jeda setelah film separuh durasi. Biasanya sekitar lima belas menit. Jeda ini memungkinkan penonton untuk ke toilet atau beli makanan tanpa terlewat filmnya. Keren kan? Cuma kadang sebel kalau dipotong pas lgi seru serunya hehehe. Tapi ok lah, itu menurut saya ok banget krn ya emang saya termasuk yg perlu ke toilet di tengah nonton film :-)

Six, alteration room. Apaan tuh alteration room? Pernah kan kalau beli baju di Indonesia terus bajunya kegedean atau celana kepanjangan? Biasanya apa yg dilakukan? Ya pergi ke tukang jahit terus dikecilin atau dipotong ya kaaaan? Nah disini tidak begitu. Ada namanya alteration room dimana ada penjahit yg standby menerima komplain dari customer dan menyesuaikan dg ukuran si pembeli. Dan itu GRATIS! Gratis, people! Asyik kan? Alhasil saya beli baju disini ukuran M biasanya sdh termasuk dg penyesuaian dengan tubuh saya yg tidak selebar Indian. Itu dilayani di semua toko toko besar lho bukan yg kecil. Selalu ada alteration room yg bisa mengakomodir ukuran tubuh pembeli. I love it!

Seven, ladies seat. Ini tu okeeeee banget nget menurut saya. Di India, di bis atau kereta ada ladies seat ataupun ladies compartment. Bahkan di kantin kampus ada tempat makan yg tertulis ladies only. Saya senang karena di bus selalu dapat tempat duduk di depan seperti tulisannya ladies seat tersebut. Jika ada pria yg duduk disitu, mereka akan ditegur kondektur hehe. Asyiik, jadi gak perlu berebut seat ama makhluk makhluk itu hahaha. Seneng saya!

Eight, Indian nod head. Hehe, ini katanya teman yg ketemu saya sdh tertular pada saya. Sekarang kepala saya katanya tidak lagi mengangguk saat mengiyakan, tapi sdh menggeleng seperti indian. Hahaha. Yo wis lah kalau itu mah saya pasrah. Tau kan Indian tidak mengangguk saat mengiayakan? Mereka menggeleng seperti ular kobra menurut saya hehehe. Yaah sekarang saya katanya sdh tertular seperti itu. Kepala saya refleks menggeleng saat mengiayakan. Hahaha, sdh india he nih saya!

Yah itulah daftar hal unik yg saya temui disini. Tentu mungkin ada beberapa yg juga ditemui di negara lain, cumaaa karena ini tulisan sayaa dan hak preogratif saya jadilah itu list yg menurut saya, unique about India! Mungkin dalam enam bulan ke depan staying saya di India saya masih bisa menemui hal unik lainnya, but those are all so far now!

Only in India, people! Only in India!

Mysore, 5 Januari 2014.

No comments:

Post a Comment