Thursday 27 March 2014

Yg akan Saya Rindukan dari India, eh, Mysore...

Hey hey...

Saya lagi nih! Perut msh dangdutan, seliweran kanan kiri hbs kena serangan diare kemarin. Saya masih recovery saat ini. Makanya iseng, daripada baring tanpa daya, mending menulis hehe, minimal biarpun raga lotoy lemas dihantam diare, otak tetap bisa aktif dengan menulis, iya kan? Oh ya, trmksh yaa untuk Anda yg masih setia mampir dan membaca ketukan ketukan kata kata saya disini. Saya sangat beruntung memiliki teman, sahabat, pembaca seperti Anda. Anda yg membuat saya merasa berarti hidup di dunia ini, hehe, puitis deh :-).

Ok, kali ini tulisannya tentang Mysore. Bentar lagi kontrak beasiswa saya selesai nih. Tak terasa Maret sudah akhir, dan tinggal sebulan lagi saya sudah ujian akhir dari pemerintah. Setelah itu, tunggu transkrip dan yay, saya pulang. Tak terasa, sudah hampir dua thn saya hidup di India, tepatnya sih Mysore. Awal saya tiba disini, ketahuilah saudara saudara, saya menangis hik hik. Bayangan saya, India itu minimal seperti filmnya, yaah pas saya tiba, glek, kok begini yah ini negara? Hehe, semua serba tradisional, fasilitas kalah jauh dengan Malaysia. Belum makanan, awal saya tiba di Bangalore, saya menangis karena semuanya bau masala, bumbu khas India. Saat perjalanan menuju Mysore, barulah saya bertemu gerai kfc dan saat itu pertama kali saya makan. Itu pun kfc nya tidak se enak kfc indonesia. Hik, sedih buanget saat itu. Hampir, hampir lho, saya minta pulang. Apalagi waktu itu saya toh sudah lulus master, so ngapain ambil master of science lagi? Begitu pikir saya saat itu.

Udara juga cukup membuat saya shock. Awal tiba di Bangalore, terasa sekali angin menusuk kulit. Apalagi di Mysore, wuih, berapa kali saya bengek kena asma. Apalagi saat saya tiba, saya belum punya apa apa, so, saya tidur beralas tikar saja. Hampir seminggu saya tidur di lantai. Lalu saat itu juga belum punya kendaraan, sehingga saya berjalan kaki ke kampus, hingga sepatu yg saya bawa dari Samarinda copot solnya hehehe.

Mysore juga tempat pelarian saya. Berbeda dg mhswa lain, saya berangkat dg luka. Teman teman lain masih punya rumah di Indonesia, namun saya tak lebih seorang wanita yg membawa keseluruhan hartanya dalam dua koper pakaian. Truly, saya tak punya apa apa. Saya tiba dengan harga diri tercabik cabik pasca bercerai dan dihujat habis habisan di Samarinda. Saat itu saya tahu, saya hanya punya diri saya sendiri, sehingga memilih pulang ke Indonesia dan melepaskan beasiswa adalah hal terbodoh. Maka saya bertekat, meskipun saya berdarah darah di Mysore, saya tidak akan pulang. Saya akan pulang setelah dua tahun, setelah berhasil menempuh pendidikan di Mysore University. Itulah yg membuat saya bertahan.

Well, perjuangan ini hampir tuntas. Saya sudah di penghujung beasiswa saya. Resmi awal Juni sebenarnya saya sudah bisa menyandang gelar Master of. Science Chemistry, namun msh harus menunggu terbitnya transkrip nilai. Dan sekali lagi, berbeda dg mhswa lain yg mungkin akan pulang dg bahagia, saya akan pulang dengan kesiapan menghadapi perjuangan selanjutnya. Hidup sepertinya akan lebih menantang di Samarinda. Saya harus bertahan hidup disana. Masih ada sidang perceraian yg harus segera saya tuntaskan, plus pandangan negatif beberapa pihak ttg saya. Terlepas apapun itu, saya sdh bertekat utk diam.

Ok, jadi sedih hik. Hehe, yuk bicara yg ringan. Kali ini saya akan menuliskan hal apa yg akan saya rindukan dari India, eh Mysore. Terlalu besar rasanya jika saya menyebut India, karena mostly saya hidup di Mysore. Ke New Delhi saja masih belum :-). Mumpung saya belum pulang, dan masih bisa mengingat hal hal yg akan saya rindukan disini, kota kecil yg berjasa ikut menyembuhkan saya dua thn yg lalu.

Here we go...

One, weather.
Surely, saya akan merindulan cuaca dingin saat winter di Mysore. Yah winter nya sih gak seheboh negara eropa. Gak nyampe salju lah. Cuma dinginnya bo, lumayan bikin keringat gak keluar. Rekor selama saya disini, Mysore pernah 12 derajat, itu yg terdingin. Tapi karena cuaca ini juga kulit saya jadi bersih. Awalnya sih terkelupas bahkan tahun lalu sempat keluar bercak darah, namun setelah kulit baru muncul, lebih halus menurut saya. Makanya tdk heran saat saya pulang ke Samarinda ada aja yg nanya saya perawatan kulit ya di Mysore hahaha duit darimanaa perawatan. Boro boro perawatan, krim aja saya gak pernah beli disini.
Hujan juga jarang disini. Kadang sebulan sekali aja nggak. Itu yg bikin senang. Motor dicuci sekali tahan berbulan bulan euuyyy. Baju juga pede pake bawahan putih. Lha wong jarang hujan. Kalau di samarinda hujan kan unpredictable yaaa. So kdg sdh ok pake bawahan putuh, yaah jdi korban pekecehan becek pasca hujan deh hehehe. Kalau yg pake mobil sih rapopo, lha saya pakai motor gimana dunk nasibnya? Jadi cuaca dingin plus jarang hujan ini pasti akan saya rindukan.

Two, Gobi
Serem? Yup, saya juga mikir nama kok serem yah, saya tu ingatnya dengan goblin, tau kan monster hijau yg giginya tajam. Makanya serem juga dengar nama begitu. Ohh ternyata gobi tu kembang kol dibalut tepung terus dioseng pake saos tomat plus masala. Tipenya macam macam, ada masala gobi, ada gobi manchurian, ada chilli gobi. Saya paling suka chilli gobi. Rasa pedesnya ok gak pedes amat sih. Biasanya sepiring gobi dihargai 30-40 rupee. Sepiring gobi cukup bikin perut mungil saya ini kenyang. Duh, yakin, saat saya balik ke Indonesia, bakal kangen dengan gobi.

Three, Chapathi plus Butter Chicken
Hmm yang ini ok banget. Butter chicken itu ayam suir terus dibumbu masala, mirip kari, tapi manis dan masalanya gak kenceng. Sedangkan chapathi itu dibuat dari tepung beras terus dipanggang tanpa minyak gitu mirip martabak india cuma lebih tipis. Rasanya kalau dimakan begitu aja sih, ya plain kaya maem tepung hihi. Tapi pas dicocol dg si butter chicken, hmm yum yum. Uenaaakk bgt! Selain chapathi metode cocol mencocol ini juga bisa dengan parotta yg lebih tebal. Ada pula dosa, yg mirip adonan buat kulit terang bulan. Bisa juga dengan rotti. Eits, ini rotti double t lho yaaa. Bukan roti yg bread itu, tapi rotti, mirip lembaran lembaran gitu seperti chapathi, namun dipanggangnya lebih lama, gosongnya lebih nendang hihihi. Seporsi butter chicken diharga 100-150 rupee, terus chapathi bisa didapat per lembarnya dengan 8 rupee. Ingat yaa 1 rupee itu equal 188 rupiah. Kalau saya sih, biar enteng tak kalikan aja 200 rupiah. Buat Anda yg penasaran penampakan makanan makanan ini seperti apa, monggo, tanya mbah google, masalahnya kalau mengupload gambar banyak disini agak berat datanya hehehe. Maaf yaa...

Four, Pani Puri
Lagi lagi makanan. Ini ni jajanan favorit saya banget. Pani arti nya air, puri artinya krupuk. Nah jadi ini krupuk yg disiram kuah gitu. Krupuknya bulat tengahnya kosong, nah atasnya dihancurin, terus diisi dengan acar bawang, kentang, jagung, baru deh disiram kuah asam manis. Terus segeralah masukkin ke mulut, karena kalau nggak kerupuknya bakal bocor. Asyik deh makan ini. Kalau maem di tempat biasanya kita disuguhi sepiring panipuri isinya tujuh puri. Setelah itu biasanya dikasih golgappa. Golgappa itu puri juga cuma tidak dikasih kuah, cuma acar dg chilli powder. Blas, pedes meledak di mulut! Hmm yummy! Saya selalu beli jajanan ini utk buka puasa. Mengobati kekangenan dg lumpia hehehe. Surely, saya akan rindu dengan pani puri yg sepiring cuma dihargai 10 rupee alias 2000 rupiah!

Five, wide silent street
Pastinya ini akan sangat saya rindukan. Meskipun India berpenduduk padat, nomer dua terpadat setelah China, tapi di Mysore agak lengang. Terutama jalan sekitar kampus karena kampus terletak 8 km dari pusat kota. Wuih, senangnyaaa naik motor traffic free. Jalannya guede kendaraan sedikit yo wis makmur saya naik motor disini. Hehehe. Sebagai gambaran, jalan raya menuju kampus itu seperti jalan raya samarinda balikpapan dikali dua. Kebayang kan guedenya. Pas saya pulang ke samarinda, suka kagok dengan macetnya. Maklum biasa lengang di mysore hehe. Hmm, pasti deh, suasana lengang begini akan saya rindukan di samarinda. Karena itu rencana saya akan cari kos yg dekat dengan kampus sehingga tdk banyak waktu terbuang di perjalanan.

Six, taman, danau
Di Mysore banyak taman. Dari rumah saya jalan sedikit sdh ketemu taman. Dan taman disini dilengkapi tempat duduk duduk dan asli hijau buanget. Danau juga jadi pemandangan indah disini. Saya seriing banget duduk di tepi danau atau taman sekedar melepas lelah. Rasanya nikmat sekali duduk merasakan angin, melukis wajah. Najwa di langit India, ciee, puitis lagi nih! Hmm di. Samarinda juga ada yah, semisal tepian mahakam. Cuma kok kurang betah ya duduk berlama lama disana. Jelas, taman dan danau disini akan sangat saya rindukan. Hik...

Seven, affordable price
Mysore itu kota yg komplit plit menurut saya. Tdk terlalu terpencil tapi juga gak seheboh Bangalore. Pingin kfc, mc donald, pizza hut, ada tuh. Pingin nonton di cineplex ada juga. Pokoknya fasilitas yg diperlukan ada laah. Dan dibanding kota lain, mysore termasuk tempat hidup yg murah. Sayur mayur melimpah dg harga terjangkau. Gula aja disini sekilo cuma 32 rupee alias 6400 rupiah. Samarinda sdh 12.000 kali yaa. Tuuh bayangin bgmana murahnya hidup disini. Ini pasti yg akan saya rindukan sepulang ke indonesia. Kangen mysore, kangen murah nya.

Eight, kuliah
Itu pasti yg paling saya rindukan. Sudah hampir dua thn saya hidup tanpa tivi. Hidup saya berkisar perpustakaan, lab dan kelas. Pasti saya rindu adrenalin saat ujian, atau saat mencari buku di perpustakaan. Belum lagi teman teman satu batch di lab. Sudah dua thn saya bersama 8 indian dan satu warga negara Rwanda di empat praktikum yg kami jalani dua thn ini. Banyak canda yg kami bagi disini. Itulah yg membuat saya tdk akan berhenti setelah ini. Insya Allah saya harus kuliah lagi. India baru awal dari penjelajahan saya di bola dunia. Kaki saya insya Allah akan mendarat lagi di belahan bumi yg lain. Nama saya akan tercatat lagi di universitas lain. Insya allah.

Well, itulah readers, beberapa hal yg akan saya rindukan dari India, eh, Mysore. Selamat Malam Jumat. Semoga tulisan ini membawa manfaat amiin...

Salam dari Mysore.

Maret 27 2014...

1 comment:

  1. Hai Nurul,

    saya suka tulisan kamu. Salam kenal ya, saya Rachel dati Indonesia. Saya dapat nama kamu dari browsing tahun lalu pas saya dapat ICCR disana tapi gak jadi pergi.

    Sukses ya dengan kelulusannya...

    You go girl...

    ReplyDelete