Friday 28 March 2014

Kenapa saya berjilbab...

Hey hey!

India sdh jam 11.06 malam skrg, tapii mata saya gak ngantuk nih. Maklum, dari hbs maghrib, saya sdh bobo. Makanya skrg gak bisa bobo. Hik!

Ok, sebelumnya trmksh yaaa yg msh sudi mampir, membaca, bahkan komen di setiap status status saya ug kadang ehem agak galau hehe. Dan trmksh jugaa ya sdh bersabar dg itu semua.

Kali ini tulisan agak sedikit "nyentil" agama. Biasanya saya tdk berani membahas masalah agama krn yaah saya ini ilmu msh cetek, gak ada levelnya ngomong agama. Cuma kali ini, melihat fenomena artis yg buka tutup jilbab atau ehem hijab kata org org sekarang, saya merasa harus menyampaikan pandangan saya ttg kenapa sih saya memilih berjilbab. Tentu sbg orang yg cetek agama, saya tdk akan mampu membahasnya dari segi yg dalem bgt kata anak anak skrg. Cuma itu cukup mewakili bgmana pandangan saya ttg jilbab.

One, awal berjilbab
Saya berjilbab sejak thn 1996. Saat itu habis pesantren ramadhan, akhirnya saya memutuskan memakai rok panjang dan berjilbab. Awalnya, alamak, rok saya robek bagian depan akibat langkah saya yg lebar krn terbiasa memakai rok selutut hehe. Tapi akhirnya terbiasa. Jika dihitung hingga hari ini, saya telah menutup rambut selama 18 thn. Wuih, sdh hampir separuh hidup saya dg berpakaian seperti ini.

Two, kenapa sih berjilbab
Saat saya memutuskan berjilbab, saat itu jilbab belum se ngetren skrg. Bahkan utk berjilbab hrs nusuk jarum pentul sana sini, jilbab juga msh model segi empat yg hrs dilipat jdi segi tiga. Film film pun belum ada yg bertema religi semisal ayat ayat cinta dimana jilbab diberi visual luas dalam setiap adegan. Saya juga berjilbab bukan karena paksaan siapa siapa. Tidak ada seorg pun yg bisa memaksa saya melakukan hal yg tdk saya yakini. Itu benar.
Zaman skrg sdh enak berjilbab. Istilahnya sdh jilbab support on. Mau pake jilbab gede monggo, mau jilbab lilit ok, mau yg nge tren boleh, banyak macamnya dan sdh byk supportnya.
Lantas, kenapa sih saya berjilbab?

A, rapi, rambut gak seliweran
Pasti kalau lagi jalan, sering perhatikan mereka yg rambutnya terdisplay hrs selalu merapikan rambut setiba di tujuan. Ya mesti bawa sisir, kdg mesti ke kamar mandi merapikan rambut yg acak acakan. Sementara yg berjilbab, santai ae, toh semua sdh tertata rapi. Gak perlu sisir, blas, jilbab tetap rapi.
Bahkan saat ini saya sedang penelitian di lab organik. Perlu diketahui hanya saya yg berjilbab di departemen ini. Muslim yg lain rata rata melepas jilbabnya krn tdk ada satu pun mhswa yg berjilbab disini meskioun muslim. Nah, saat mengerjakan reaksi, mereka yg berambut terurai hrs digelung atau dimasukkan ke dlm jas lab agar tdk mengganggu. Lha saya praktis, rambut dah rapi gak perlu nata nata lagi. Bahkan akhirnya si asisten prof memuji jilbab saya krn sgt membantu dlm kerapian. :-)

B, kalau mau ngaji  atau shalat dimana saja mudah
Hmm ini agak dalem yah. Kadang saat di perjalanan atau saat menunggu, atau saat ramadhan dimana bacaan quran kita berlipat pahalanya, tentu waktu ingin dimanfaatkan dg mengaji. Atau itu terlalu dalem ah. Misalnya juga lupa bawa mukena atau tdk ada mukena bersih saat pingin shalat, naah dg berjilbab sdh bisa shalat, cukup pakai kaos kaki atau bawahan mukena, jadi deh bisa shalat krn rambut yg sdh tertutup. Iya kaaannn..

C, mencegah dari kejahatan dan sbg identitas
Saya kurang tahu kondisi di Indonesia utk hal ini. Yg jelas, semenjak saya stay di India, yg mayoritas beragama Hindu dan tdk kenal jilbab (hehe bahkan ada yg bilang saya pakai topi :-)), saya sgt merasakan bgmana jilbab melindungi saya. Banyak org yg hendak iseng, jdi respect karena pakaian tertutup. Saya sgt merasakan hal tersebut disini. Dan kalau the effect of jilbab masih gak mempan juga menghalau lelaki iseng, biasanya baru jurus bertahan saya keluarkan hihihi. Selain itu jilbab juga mencegah dari kita hendak berbuat jahat. Yaah, meskipun tdk dipungkiri banyak aja yg jilbab tapi maksiat. Tapi minimal dg berjilbab kita akan merasa malu utk berbuat maksiat. Hal ini yg biasanya akan sdkt me rem kecepatan syetan mempengaruhi kita. Eits, bukan berarti saya bilang yg tdk berjilbab mudah berdosa lho ya. Tentu banyak sekali yg tdk berjilbab akhlaknya lebih mulia dari yg berjilbab. Tapi dg jilbab akhlak mulia itu akan mendapatkan maknanya. Coba aja dengar komen org, musti akan bilang, sdh cantik, soleh, berjilbab pula. Pasti kata berjilbab itu akan disebut krn itu identitas Anda yg berjilbab. Sama laaah kaya org mendeskripsikan si anu berkacamata, atau sering pakai topi biru, namun jilbab saat dideskripsikan punya makna lebih dalam drpada hanya sekedar topi atau kacamata. Setuju?

D, ini ibadah ringan
Seperti. Anda tahu, jilbab atau menutup aurat adalah wajib bagi muslimah. Yg mana aurat wanita itu? Ya cuma wajah dan telapak tangan. Jadi ini sama seperti shalat, atau puasa ramadhan. Cuma tdk dimasukkan di dalam rukun islam. Artinya asal kita melakukan empat rukun dari lima rukun islam, krn haji hanya wajib bagi yg mampu, kita sdh dianggap muslim. Tapi bukankah pegangan muslim adalah. Al Quran? Dan bukankah perintah ini ada di dalamnya? So ini terhitung ibadah. Lalu, bukankah amat mudah jika kita cukup pake jilbab, plek, jdi deh kita sdh menjalankan perintah Nya. Tdk perlu wudhu, tdk perlu sujud, tdk perlu mengeluarkan uang, tdk perlu lapar dan haus, cukup tutup aurat, yes, setiap langkah keluar rumah sdh terhitung pahala. Mudah sekali bukan? Jika dosa saya segunung, semoga dg jilbab saya bisa mengurangi dosa saya. So, ini ibadah ringan...bandingkan saja dg shalat yg mesti wudhu terus melakukan gerakan shalat, atau puasa yg mesti menahan lapar dan haus, lalu sedekah yg mesti menyisihkan uang bukankah mengenakan jilbab jdi terasa sgt ringan?

Saya tdk mempermasalahkan seberapa besar ukuran jilbab atau hijab, apalah namanya, juga tdk mempermasalahkan ada yg melengkapi dg burkha atau cadar, itu pilihan masing masing. Bahkan seperti Anda lihat, ukuran jilbab saya juga tdk selebar daun kelor hehehe. Saya sendiri belum sampai ke tingkat setakwa Oky Setiana Dewi, msh belajar euuyy. Namun, bagi saya jilbab harus rapi, harus nyaman dan tidak merepotkan saya selaku user caelaaahhh user booo. 

Jilbab tipe saya adalah tipe ringkas dan rapi. Tetap menutup aurat, tapi tdk menghalangi gerak saya sbg muslimah aktif. Saya tetap bisa melaksanakan hidup saya, tdk terkurung dg jilbab saya, tapi punya batas dimana saya tak akan melewatinya. 

Three, tantangan berjilbab di India
Hehe, ini pengalaman berharga disini. Selama ini banyak yg penasaran ttg rambut saya. Ada yg bilang saya botak, blonde, bahkan ada yg bilang berambut merah hehehe. Yg parah ada juga yg menyebut saya ubanan. Pdhl nggak tuh, rambut saya hitam sama dg mereka. Dan tdk ubanan sama sekali tuh. Awalnya mereka mengira saya berjilbab hanya seminggu, sebulan, setahun. Setelah itu spt muslim yg lain, rambut saya akan tergerai bebas. Lha enak aja kalau mau lepas jilbab disini, wong yg kenal saya gak ada. Entar pulang ke indo kan bisa aja tutup lgi.
Tapi nggak tuh, bahkan dlm setiap postingan fb saya, foto publik saya tak pernah tanpa jilbab. Sekarang mereka sdg membujuk saya agar melepas jilbab saat farewell party. Tapi percayalah, tdk ada satu org pun yg mampu memaksa saya melakukan apa yg tdk saya yakini. Saya akan ttp berjilbab, hadir dlm pesta, dan menikmati suasana. Seperti yg pernah saya kemukakan, saya ini inert, artinya tdk mudah terpengaruh. Apa yg saya putuskan umumnya berdasar keyakinan saya sehingga perlu usaha besar utk merubah apa yg telah saya putuskan. Tapi bukan berarti saya memaksakan orang lain utk mendukung saya. Seperti halnya disini, ada saja yg bertanya kenapa saya tdk melepas jilbab saya seperti muslim yg lain, atau ikut model surban biar trendi hehe. Saya sih hanya menyahut "itu pilihan masing masing individu dan ini pilihan saya, saya juga ungkaokan bahwa menutup rambut itu berikut leher dan dada adalah kewajiban". Jadi yo wis terserah kalau ikut ya bagus, gak ikut ya rapopo hehehe. 


So bersyukurlah para pembaca, Anda yg hidup di negara muslim supported spt indonesia. Jilbab jadi tren, masjid bertebaran, bahkan adzan berkumandang di setiap channel tv dan penjuru negeri. Maka sangat disayangkan, dg support yg begitu besarnya, seorg muslimah memilih melepas jilbabnya dan memilih menggerai rambutnya. Karena di belahan dunia lain, banyak muslimah yg bertahan dg identitas ini meskipun sulit.

Four, jika jilbab pilihan Anda
Jika memang Anda sdh berjilbab, atau memutuskan berjilbab, mari membaca beberapa saran saya, meskipun saya juga bukan ahli agama yooo...
A, berjilbablah karena niat Anda sendiri. Memutuskan berjilbab hanya karena tren atau ikut ikutan, tdk akan membawa efek jangka panjang. Soon ketika tren habis, maka jilbab pun ikut luntur.
B, kenakan jilbab yg membuat Anda nyaman, bukan krn tren. Lagi lagi Anda hrs menemukan identitas Anda. Jgn ikut ikutan. Cari jilbab yg stylenya nyaman, tetap menutup aurat tpi tdk menutupi anda dari kedinamisan.
C, be konsisten. Ingat, jilbab bukan topi atau kacamata yg bisa dilepas begitu saja tanpa menimbulkan tanda tanya. Jilbab memiliki makna dalam. Namun bukan berarti Anda harus menunda berjilbab hanya krn takut tdk konsisten. Ingatlah bahwa semakin ditunda, kewajibam tdk berkurang, tapi pahalanya yg berkurang. Shalat ashar, semakin ditunda rakaatnya mah tetap, cuma pahalanya berkurang. So, pikirkan bahwa ini adalah salah satu ibadah termurah, ter ringan yg bisa kita lakukan. Setelah itu putuskan tanpa paksaan, kenakan jilbab yg nyaman, dan konsisten lah!

Ok deh, hoahhm, ngantuk saya nih, semoga tulisan ini ada manfaatnya yaaa. Cuma secuil tulisan bahkan tanpa mengutip satu ayat pun, semoga karya rendah ini bisa bermanfaat. Amiin ya rabbal alamiin..

Mysore, 28 eh 29 Maret 2014.
12.18 am...

No comments:

Post a Comment