Sunday 29 May 2016

ABOUT LIVING IN AUCKLAND

Hey Everyone.

Karena saat ini saya sedang menunggu semua proses saya berjalan, saya punya banyak waktu untuk menulis dan sepertinya semangat saya menulis sangat kencang di Auckland hehehe. Adaa aja yang bisa ditulis, dan kebetulan di luar dingin dan saya lebih sennag di kamar dibanding nge hang out. Kecuali jika si RC ngajakin saya nge date baru deh saya go out.
Amm, kali ini saya ingin menulis tentang living in Auckland. Mungkin tulisan saya mah cemen banget dibanding mereka yang sudah bertahun tahun disini. Saya mah masih anak bawang hehehe, baru juga datang 2015 Oktober kemarin. Sudah berani berani nulis tentang Auckland hehehe. But you know me laah, mau di demo orang se kampung, kalau saya senang ya tetap saya tulis. That is my right hehehe.
Ok, sebagai pelajar yang pernah tinggal di India selama 2 tahun lalu saat ini akan tinggal di Auckland selama 4 tahun (insya Allah), tentu ada banyak hal yang saya rasakan. Mungkin ada laah nyelip nyelip sedikit saya nge bandingin India ma NZ meski pun biasanya gak adil nge bandingin tiap negara. Kalau menurut saya, tiap negara itu punya keunikan sendiri. Kita gak bisa bandingin A versus B karena masing masing negara itu ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi well, mohon maaf ya jika mungkin dalam tulisan saya ini ada nyelip dikit dikit perbandingan itu. Murni hanya perspektif pribadi dan tidak bermaksud menjelek jelekkan satu negara dengan lainnya.
Okay, here we go, ada beberapa hal yang akan saya soroti tentang Auckland, ada yang saya suka dan ada yang mungkin tidak. Sengaja tidak saya bagi pros and cons gitu, tapi lebih ke mix aja, hanya beberapa point yang saya soroti tentang kota ini.
Peta perjalanan dari Balikpapan ke Auckland

One, BRRRRR!
Yup, DINGIN! Itu yang mungkin saya suka sebel hehehe. Tangan saya sering keram disini meski pun dalam kamar dan heater on. Awal awal lebih parah, perut saya sering dangdutan karena dingin. Sering kena mencret dan gak kuat banget keluar kamar. Sekarang udah lumayan, meski saat ini sudah fall dan hampir musim dingin, saya masih bisa keluar Cuma dua lapis baju. Kalau dulu wih kalau nggak 3 lapis, nggak kuat deh hehehe. Tapi dibanding kota lain di NZ, Auckland termasuk yang paling hangat dan paling banyak penduduknya. Saya nggak bisa bayangkan seandainya saya ditakdirkan ke Cristchurch atau Dunedin atau Alexandria, itu saat ini sudah hampir nol aja tuh padahal belum masuk musim dingin. Hanya satu kata buat NZ: Brrrrr.

Suhu di Auckland saat saya baru tiba
Meski saat saya dulu di Mysore, India juga termasuk kota yang dingin, namun tidak se menggigit ini. Paling rendah suhu yang saya rasakan hanya 12 derajat. Itu pun sudah kalang kabut saya pakai jaket hehehe. Bayangkan saja, saat ini saya harus berada di suhu 13 bahkan bisa dibawah 10 derajat nantinya.

Two, FOOD!
Satu hal yang saya sukai di Auckland adalah bahan makanan yang lengkap. Saya ingat saat saya di India, saya harus bawa Indomie dari indonesia hehehe karena tidak ada di Mysore. Mungkin karena Mysore itu bukan kota besar seperti Bangalore atau New Delhi makanya banyak bahan makanan yang tidak ada disana. Kebanyakan sih bahan makanan dari Thailand yang ada. Itu pun bukan yang cocok di lidah saya. sehingga jadilah indomie disana adalah bahan makanan yang paling mahal menurut saya dan selalu dihemat supaya nggak habis.
Di Auckland, semuanya ada. Saya bisa dapat Indomie, sarden, terasi, sambal ABC, kecap manis, hal yang paling langka saat saya di India. Alhamdulillah, hobby memasak saya sangat diakomodir di Auckland. Selain itu saya juga suka dengan banyaknya bumbu-bumbu instan seperti garlic crushed, lalu ada garlic powder, ada chilli crushed, ada juga garlic granule. Selain itu kalau pingin masak steak juga ada gravy yang siap olah tinggal di masukkin ke air mendiidh saja. Mungkin satu satunya yang saya inginkan dan tidak ada di Auckland, adalah agar agar, bukan jelly. Kalau jelly sih banyak. Ini agar-agar dengan lambang burung yang ada di Indonesia itu. Saya biasanya suka rasa plain lalu saya masukkin telur, gula merah dengan santan. Tapi disini nggak ada yang rasa plain. Hehehe. Ya sudahlah, diterima saja yang jelly rasa buah itu.
Me and Ice cReam
Selain bumbu instan, saya juga suka dengan kue kue di Auckland. Seperti muffin dan croissant. Kalau saat di India, ada sih namanya puff, Cuma 10 rupee harganya untuk yang veg, ya setara 2,000 rupiah. Tapi untuk croissant dan muffin, jarang saya ketemu dengan harga murah seperti yang di supermarket disini. Tapi di Auckland, muffin, croissant itu ada yang pak an saudara saudara. Yay, dengan kualitas pastry yang lumayan oke di lidah saya. Harganya juga lumayan oke menurut saya, hanya 3.5 dollar bisa buat makan seminggu untuk sarapan muffin.
Selain itu, yang saya sukai lagi dari food in Auckland adalah coklat. Coklat disini kualitasnya oke banget. Saat saya di India, saya juga suka dengan kualitas coklat dan susu mereka. Tapi disini jauh lebih baik lagi hehehe. Selain itu varian coklatnya banyaaakkk banget. Ada coklat selai, ada coklat batang, ada coklat saus, semuanya yum banget. Selain itu, yang saya suka berikutnya adalah susu coklatnya yang tinggal tuang seperti susu coklat di Indo tapi lebih yummy menurut saya. sebagai coklat lover, kualitas coklat di NZ benar benar memanjakan lidah saya.
Kopi juga ok banget disini meski Cuma yang instan. Kalau untuk ukuran lidah mereka, kopi instan itu yag paling rendah kualitasnya hehehe. Tapi kalau menurut saya, itu sudah lezat banget. Karena saya bukan pencinta kopi banget, ya paling saya suka cappuccino nya. Iu dengan bubuk coklat yang meski sebanyak apapun dituang ya kok gak habis habis. Saya ingat kalau di Indo, coklatnya di sachet gitu, sedikit aja ditabur mah sudah habis. Disini bubuk coklatnya di tabung kecil yang ya itu gak habis habis hehehe. Saat ini kopi saya sudah yang pak kedua, saya masih pakai tabung coklat dari pak yang pertama karena gak habis habis coba. Yum banget.

Muffin and Cappuccino Instan
Es krim juga yang paling saya sukai disini. Bahkan meski Cuma es krim supermarket, itu enak banget. Saya paling suka yang cone dan kalau lagi jalan dengan RC, dessert ice cream itu yang wajib. Kadang kami makan es krim mahalan dengan banyak sausnya, kadang Cuma es krim biasa. Kadang juga Cuma es krim supermarket. Apapun itu, kami selalu menikmati es krim time milik kami hehehe.

Three, PRICE!
Yup, harga! Amm, kalau untuk bahan makanan sih saya nggak komplain ya. Seminggu kadang saya Cuma habis 20 dollar, tanpa ayam. Kalau dengan ayam ya bisa 30 dollar. Saya pikir bahan makanan sih masih rasional harganya, meski jika dikalikan ke rupiah ya jadi mahal ya hehehe. Itu kalau masak sendiri lho ya, semua jadi murah. Tapi kalau makan di luar ya jadi mahal. Terus terang saya jarang banget jajan di luar kalau nggak dengan si RC. Sekali makan minimal 12 dollar boo, itu kalau sendirian lho. Huh, mahal banget untuk saya. 12 dollar itu buat saya bisa makan seminggu hehehe. Seminggu tanpa ayam lho yaaa. Ya kalau Cuma telur, nggak masak daging daging an, cukup tuh 12 dollar.
Yang parah itu, TEMPAT TINGGAL. Yup, tempat tinggal itu paling MUAHAL di sini. Saya jadi ingat tempat tinggal saya waktu di India dulu, Cuma 3000 rupee sebulan alias 600 ribu. Terus saat pulang ke Indo pun, kamar kos saya Cuma 700 ribu sebulan, itu sudah termasuk toilet di dalam. Kalau mau elit dikit kamarnya pakai AC paling jatuhnya 1 juta sebulan. Masih gak nyekik banget lah.
Sementara di Auckland, kamar ecek ecek yang toilet shared aja harganya 200 dollar per minggu. Per minggu saudara saudara. 2 juta seminggu coba. Jadi sebulan itu kamar ecek ecek itu harganya 8 juta. Hahaha, gileee. Apalagi saat ini saya di unilodge dengan studio apartemen, sebulan sekarang jadi 12 juta huahahaha. Uang beasiswa yang 2,000 dollar sebulan itu jadi keciiillll banget nilainya hehehe. Yah sudahlah, insya Allah mah barokah Allah ada aja heheheh.

Dapur saya di Unilodge, 300$ per week!
Four, CLOTHES
Awal saya datang tu, saya mikir mikir mau beli baju hehehe. Meski baju yang saya bawa dari Indonesia itu rata rata sudah lumayan tebal dan lebih banyak sweater dibanding baju tipis, tapi tetap saja, ternyata saya perlu beli baju lagi disini hehehe. Ternyata bahan pakaian sini beda dengan yang kita bawa dari Indonesia, apalagi yang saya bawa dari India hehehe. Untuk sweater, bahan yang saya bawa dari India masih bisa diandalkan karena memang suhu lumayan dingin di Mysore, sehingga wool dari sweaternya masih lumayan ok. Tapi yang saya bawa dari indonesia tipis banget untuk dipakai di kondisi luar rumah di NZ. jadi hanya mempan untuk dipakai di dalam ruangan hehehe.
Awal saya lihat harga baju, alamak harganya minimal 10 dollar. Kalau mau yang di bawah 10 dollar ya baju dalam aja hehehe. Mikir mikir mau beli tuh. Setelah itu coba putar otak liat baju bekas, yah sama aja harganya juga di atas 10 dollar malah lebih parah menurut saya, karena sudah bekas an orang lain. Jadi ingat saat di Mysore, harga baju meski yang di mall muraaaah banget. Paling mahal 500 rupee alias 100 ribu rupiah. Itu pun sudah bahan panjang gitu yang model kurtha. Tapi disini, huh jangan harap punya baju panjang dengan harga 10 dollar hehehhe.

Kurtha India dengan Auckland harbour sebagai latarnya
Keadaan berubah saat saya bertemu RC. Awalnya ia mengkritik sepatu saya hehehe. Saya pakai sepatu karet karena itu sepatu ter murah yang saya temui dan saya pikir akan sangat berguna saat hujan. Tapi namanya sepatu karet ya gak sebagus sepatu kulit tampilannya hehehe.
Saat itu ia berkata “you don’t suit with that shoes. It looks cheap on you and you deserve something better”. Saya mikir yo wis gak papa, wong memang saya gak punya banyak masa mau look “expensive” hehehe.
Ternyata ia tidak Cuma bicara. Sejak saat itu, ia mendandani saya, itu istilah saya. ia membelikan banyak pakaian, yang dari wol NZ sehingga cocok untuk dipakai di luar ruangan. Namanya bahan termal dari wool merino. Saya awalnya tu nggak percaya, ah masa sih hangat. Gitu batin saya. tapi ternyata memang hangat dan cocok dibawa keluar ruangan. Dengan sponsor RC akhirnya gaya pakian saya mulai berubah. Bukan karena ingin naik level, bukaaan, tapi karena menyesuaikan dengan cuaca. Saya masih simpan kok, pakaian pakaian india saya, Cuma itu tidak cocok untuk musim dingin saat ini dan bisa dipakai lagi saat musim panas tiba heheheh.


My style, now
Five, BOOTS!
Yay, yang ini yang paling saya suka dari Auckland juga. Meski harganya lumayan mahal untuk kantong saya, tapi minat saya dengan sepatu boots sejak saya di Indonesia akhirnya terpuaskan. Saya suka boots se mata kaki minimal dan harus flat, saya nggak suka dengan heels. Sementara di Indo, biasanya saya nemu boots yang se mata kaki gitu biasanya mah ada heel nya. Selain itu kalau mau yang flat ya ambil yang sneaker sekalian. Kalau pun ada boots dengan model se mata kaki itu, musti nggak sesuai harganya ma kantong saya hehehe.
Namun di Auckland, yay, banyak banget boots model gitu. Bahkan boots karet saya itu aja sudah masuk kriteria saya meski harganya Cuma 9 dollar. Boots tinggi, se mata kaki minimal dan alasnya flat.

Setelah bertemu RC, ya sepatu sepatu saya tambah menggila koleksinya. Hal ini lebih karena ia mempertimbangkan kehangatan kaki saya, saat saya berjalan. Sehingga ia inginnya saya pakai yang bahan kulit dan minimal se mata kaki atau bahkan se lutut. Itulah sebabnya banyak yang bilang style saya berubah saat ini. Sebenarnya bukan berubah, itu lebih kepada adaptasi. Nggak mungkin kan saya pakai boots tinggi saat cuaca hampir 30 derajat saat di India dulu. Atau pakai sendal jepit disini dengan alas kaki terbuka. Nggak mungkin banget karena suhu yang harus ditahan jauh di bawah suhu yang biasa kita rasakan di negara tropis. Itu sebabnya, saya berubah style.

Kalau untuk style, ya memang sedikit berubah ya. Kalau India style nya lebih kepada heboh, glamour nya karena sparkling. Kalau di western kan lebih suka simple, tapi elegan. Kalau ditanya saya suka yang mana, ya saya suka dua duanya. Kadang orang western senang liat betapa hingar bingarnya warna dari bahan pakaian India. Namun juga kadang kadang kita ingin yang silent, warna gelap yang elegan. Semuanya mah sama saja, tergantung suasana dan selera. Saya tetap menyukai India dan pasti ingin kembali ke sana, tapi juga saya senang dengan Auckland yang meski pun dinginnya bikin nyumpah nyumpah, tapi tetap banyak hal yang baik yang terjadi disini.


My style, from time to time
Six, PEOPLE!
Orang-orang di Auckland tentu jauh beda dengan India atau pun Indonesia. Saat di India dulu saya ingat saya selalu ditegur orang yang melihat saya. Entah karena jilbab saya, atau karena kulit saya yang memang berbeda dengan orang India kebanyakan, tapi pasti ada aja lah someone to talk. Tapi kalau disini, semua orang dengan headsetnya atau dengan bukunya atau dengan gadgetnya. Kalau diajak ngomong sih nyahut aja ya, Cuma ya seperlunya. Tapi dibanding westerner lain, menurut banyak orang sih, mereka masih lebih ramah dibanding negara lain. Jadi menurut saya, orang-orang di Auckland ini masih lebih oke.

Seven, ENTERTAINMENT!
Sebagai kota terbesar di NZ, Auckland punya banyak hal menurut saya. Mau hiburan murahan adaaa. Pergi aja ke berbagai festival atau pun duduk di taman yang banyak dan indah banget di Auckland. Mau hiburan mahal an seperti Hobbiton, juga adaaa. Mau helikopter ride, adaaaa. Mau naik ke sky tower bisaaa. Mau konser mahalan adaaa. Jadi semuanya lengkap. Dan yang paling saya sukai dari Auckland adalah TV. Sejak saya di Unilodge, saya senang banget nonton tv. Dan meski Cuma mni series lokal an yang situasi settingnya di Auckland, saya tetap suka. Karena saya memang sennag dengan mini seri western. Selalin itu, ada juga mini seri terkenal seperti Grey’s anatomy atau  pun friends. Jadilah TV jadi hiburan saya.
Selain itu, karena kontur Auckland  yang unik, gunung ada, pantai juga ada, nggak susah mah nyari spot buat fot foto. Bahkan tinggal jalan dikit sudah bisa liat pelabuhan, Auckland harbour dan bisa nyebrang ke devonport pakai ferry. Naik dikit ada mount John, tempat favorit saya dengan RC untuk duduk duduk. Mau yang flowery dikit, ada Albert Park. Pokoknya banyak lah yang bisa dilihat di Auckland.
Hobbiton 
 Me and Mt St John
Me and One Tree Hill, Cornwal Park
Me and Mission Bay
Hiburan lain juga ada semisal teater seperti Phantom of the Opera. Atau Disney on Ice yang bakal saya tonton di bulan Agustus. Selain itu, hiburan lain seperti mall, bumper car, amusement park, mini golf, planetarium, ya banyak juga. Tergantung uangnya aja, mau yang murahan atau yang mahalan hehehe.

The Albert Park
After all, semua kota pasti ada seni nya. Ada plus nya ada minusnya. Mereka bukan untuk dibandingkan terus di ranking, tapi untuk dinikmati, sebagai bagian dari epiosde hidup hehehe.

Selamat hari Senin yaaa. Semoga harinya barokah amiin. See you in my next writing atau update an tentang hal yang saya sukai dari Auckland.

Auckland, 30 Mei 2016


-NK-

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mba NK, thanks! Keren dan lengkap postingannya soal Auckland. Boleh info toko2 yang jual makanan Indonesia, lokasinya dimana aja ya? masih sekitaran UoA City Campus kah?

    ReplyDelete
  3. Hai mbak Isye, toko makanan asia ada di beach road dekat Unilodge saya. Kalau resto khusus makanan Indo adanya di agak suburb gitu namanya Albany tapi kalau mau yg dekat dekat Indo semacam resto malaysia itu ada di K Road lumayan kalau jalan kaki dari UOA city campus sih :-)

    ReplyDelete