Thursday 19 December 2013

Ya sudahlah...

Hey!

Terima kasih masih berkenan mampir di blog saya. Membaca tulisan iseng seorang wanita yg sdg terdampar di India hehe.

Hmm, kali ini sih tentang kepasrahan. Seperti judul tulisan yg mirip dg judul lagu Bondan feat. Fade two black, ya sudahlah sering saya ucapkan saat keadaan sdh tdk lgi terkontrol. Saat yg saya inginkan meski sesederhana apa pun itu, tpi tetap tdk tercapai. Biasanya sih ug saya ucapkan YA SUDAHLAH.

Sudah kodrat manusia kita selalu berharap terbaik. Kita tentu tdk ingin menderita. Pasti ingin cita cita tercapai. Namun kadang hidup menempatkan kita pada titik nadir saat dimana usaha telah maksimal, namun yg kita cita citakan, se sederhana apapun itu, tidak tercapai.

Ini sih sebenarnya edisi buka puasa dalam keadaan mati lampu. Sudah dari pagi Mysore mati lampu, tdk ada listrik. Saya hanya berdoa, semoga saat berbuka puasa saya bisa memasak air agar bisa minum kopi hangat saat berbuka. Cukup sederhana bukan? Saya tidak minta makanan mewah, tidak minta rejeki berlebih, hanya secangkir kopi hangat saat saya berbuka.

Tapi subhanallah, hingga adzan maghrib listrik tak juga kembali. Saat itu sih akhirnya kalimat sakti saya yg terucap "ya sdhlah". Jujur saya bukan tipe penyerah, saya tahu saya adalah tipe pejuang hingga akhir. Saya akan memaksimalkan usaha saya. Sangat sedikit keadaan yang mampu membuat saya berlutut dan remuk. Namun saya juga tipe realistis. Saat saya tahu usaha saya tdk mungkin lgi dimaksimalkan. Saya memang punya kompor gas namun panci saya cuna satu, itu pun penuh dg sup ayam yg saya buat sejak kemarin. Sehingga saya mengandalkan listrik untuk memasak air di kettle pemanas. So, karena saya lihat tdk ada satu pun yg bisa saya buat, well, saat itu saya pun menyerah hehe.

Akhirnya saya berbuka dengan kopi dingin. Sedikit krupuk dan alhamdulillah ada kue tart yg dibawakan teman yg sdg berulangtahun. Syukur masih saya panjatkan. Saya masih diberi umur, diberi rejeki, alhamdulillah ya Allah. Mungkin saya kurang bersyukur atas eksistensi listrik, jadi hari ini nikmat saya memiliki listrik dicabut.

Ah, betapa mudahnya kita berburuk sangka pada setiap kejadian dan takdir Allah. Padahal jika kita buruk sangka pun toh kejadian tidak berubah. Masih listrik padam dan tidak ada air panas. So, kenapa harus nge dumel? Bukankah lebih baik menghitung nikmat Nya yg masih ada?

Alhamdulillah, msh punya kopi. Alhamdulillah, masih ada kue tart nih dari teman yg sdg ulang tahun, alhamdulillah msh bisa dengar ceramah aa gym dari kecanggihan tablet. Alhamdulillah, msh ada rumah, tdk kehujanan, aman, bersih, tdk ada yg ganggu, ah, betapa banyak nikmat Allah bukan?

Sungguh perjuangan berbaik sangka pada setiap kejadian yang ditetapkan Allah. Saya bukan tipe yg suka bermimpi tinggi. Hanya ingin punya anak, suami, rumah sederhana, selesai. Tapi alhamdulillah, saya menikah diberi jodoh hingga tujuh tahun. Diberi rejeki punya anak hingga enam tahun. Setelah itu, karena saya yg kurang amanah, semua dijemput Allah dari saya. Kalau mau komplain dengan takdir Allah pasti saya bisa. Sangat mudah saya berkata "kenapa coba ya Allah, lha saya sdh banyak mengalah, melahirkan hingga salah jahit dan sakit bertahun tahun, membesarkan anak hingga banting tulang, kok cuma minta bisa memeluk anak saja berat?". Tapi apakah keadaan membaik dengan nge dumel? Tidak kan?

So, saat ini saya berusaha menghitung nikmat yg masih ada. Dan fabi ayyi ala irabbikuma tukadzzibaan. Dan nikmat yg mana lagi yg kamu dustakan? Tentu tidak cukup hitungan kita utk menghitung nikmat Nya. Maha banyak. Alhamdulillah, bersangka baik pada segala ketentuan Nya membantu saya tetap hidup, tetap waras, dan tetap tegar hingga saat ini.

Saat ini saya seolah bisa bernafas lega. Jika saya melihat diri saya tahun lalu, tahun ini saya sudah jauh lebih baik. Tahun lalu saya masih berurai air mata. Tiba tiba tidur di kamar kost. Setelah beberapa saat ada telpon dari berbagai pihak yang kurang nyaman. Malam sering mengigau mencari Najwa karena ia selalu tidur di pelukan saya. Pada saat bersamaan saya kehilangan anak, sesuatu yg bernama rumah dan sesuatu yg bernama keluarga. Dalam sekejap tidak ada lagi yg bisa saya percaya. Saya seperti penumpang kapal yg tiba tiba karam dan saya ditinggalkan nakhoda sendirian. Tiba tiba nakhoda itu tidak lagi membawa saya. Saya tiba tiba tercebur dan menggapai apapun yg bisa saya raih. Saat itu, baik sangka pada Allah sedang diuji.

Alhamdulillah. Saya berpegang hanya pada sepotong kayu. Lamaran beasiswa saya ke India diterima. Inilah cara saya mengobati kesedihan. Saat Najwa tak lagi terjangkau, pertengkaran terus terjadi, perebutan anak terus tiada berujung, akhirnya saya berangkat. Saat itu India adalah sepotong kayu yg masih saya pegang erat erat agar saya tidak tenggelam, supaya tetap terapung.

Namun saat ini saya sdh cukup kuat. Alhamdulillah. Saya merasa sebentar lagi saya bisa melepaskan kayu ini dan berenang dengan kekuatan saya sendiri. Memang, samudera ini masih tiada tepi sejauh saya memandang. Ada kekhawatiran, mampukah saya menopang hidup saya sendiri? Bagaimana jika saya sakit? Dan terlebih lagi jika saya meninggal, adakah yg berkenan meneteskan air mata utk saya? Cukupkah gaji saya? Amankah pekerjaan saya?

Tinggal enam bulan lgi. Saya akan benar benar melepaskan kayu kecil yg membuat saya terapung hingga saat ini. Saya akan berenang. Kapal yang menampung saya selama tujuh tahun telah karam. Sudah tidak bersisa. Nakhoda beserta anak saya telah pergi dengan sekocinya. Saya tidak sendiri. Allah pasti bersama saya. Allah pasti menolong saya. Dan segala kejadian ini pasti baik karena Allah Maha Baik.

Alhamdulillah ya Allah. Saya masih hidup, masih bisa makan, masih bisa sekolah, masih bisa mendengar kabar Najwa. Semoga tidak perlu waktu lama saya berenang, saya bisa menemukan daratan. Bisa istirahat. Bisa membangun hidup. Insya Allah. Jika pun Kau takdirkan berenang hingga mati, ya sudahlah, itu pasti yang terbaik! Pasti!

1 comment: